Sample text

Ads 468x60px

Social Icons

.

Rabu, 19 Desember 2012

Ingatlah Wahai Anak Muda !



Sudahkah kita memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya?. Pertanyaan tersebut tentu membuat kita berpikir apa yang telah kita lakukan selama ini, apa saja yang telah kita capai, apa saja yang telah kita berikan untuk kehidupan ini. Terkadang kita sadar bahwa waktu terus berjalan, namun kita masih saja tak memedulikannya seakan waktu hidup kita masih panjang. 
Ingatlah kesempatan hidup yang diberikan oleh Allah SWT adalah sebuah kesempatan yang berharga. Kita tak tahu berapa lama kita diberi kesempatan untuk hidup. Namun, masih saja kita selalu bersantai-santai seakan hari akhir masih jauh. Ingatlah kawan, kehidupan di dunia ini bukanlah kekal abadi, ada suatu tempat yang akan kita tuju setelah kehidupan ini. Yak, akhirat. Akhirat yang mana? surga atau neraka? tentu tergantung perbuatan kita di dunia ini.
Saya ingin mengajak teman-teman untuk mengingat kembali bahwa waktu bukanlah untuk disia-sia kan. Karna, mungkin saat ini kita bahagia, kita sehat, hidup berkecukupan, dan seterusnya. Namun, kita tak akan pernah tau apa yang akan terjadi setelah ini.


Allah berfirman dalam surat Al Ashr ayat 1-3
Demi masa sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman dan beramal soleh serta nasehat menasehati di atas kebenaran dan kesabaran” 


Lalu manusia yang bagaimana yang dikatakan tidak merugi? Dalam Hadis Riwayat Al-Hakim & Al-Baihaqi disebutkan
“Gunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara yaitu masa muda sebelum tua, sihat sebelum sakit,kaya sebelum miskin,lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati” 


Ada 5 perkara yang harus kita ingat dan kita manfaatkan sebaik-baiknya dalam masa hidup kita. 
Perkara pertama adalah Sehat sebelum sakit, ingatlah setelah sehat itu bisa ada sakit. Kita harus selalu bersyukur tentang nikmat sehat yang diberikan oleh Allah ini, gak enak kan pasti rasanya kalo lagi sakit. Selain bersyukur akan nikmat tersebut, kita harus memanfaatkan waktu ketika sehat kita untuk berbuat kebaikan, dan melakukan amal ibadah. Sebelum kita tidak mampu melakukannya.

Yang kedua adalah Muda sebelum tua. Manfaatkanlah usia muda kita sebaik-baiknya. Masa muda adalah masa yang seharusnya bisa dihabiskan untuk berbuat kebaikan sebanyak mungkin, dan mencapai segala mimpi dan cita-cita yang ingin kita raih. Karena, di masa muda fisik dan pikiran kita bisa dibilang sedang dalam performa terbaiknya. Ayo anak muda, jangan menyiakan kesempatan berharga, sebelum menyesal di hari tua. :)

Yang ketiga adalah Kaya sebelum miskin. Saat kita dalam kondisi yang berlebihan, hendaknya kita bisa bersedekah sebanyak-banyaknya. Segala harta adalah titipan Yang Kuasa. Semakin banyak harta kita semakin mampu kita untuk menolong yang membutuhkan. Semakin banyak harta kita, disitu tersimpan pula rezeki untuk yang lain yang dititipkan pada kita. Sehingga, jangan sampai yang menjadi hak yang lain tidak kita sampaikan dengan baik sehingga Allah marah kepada kita. Bantulah sebelum kita tidak mampu melakukannya.

Yang keempat adalah Lapang sebelum sempit, selagi lapang , selagi terbuka jalan yang lebar untuk berbuat kebaikan, mari berbuat kebaikan. Waktu yang tepat untuk memuntut ilmu sebanyak mungkin, waktu yang tepat untuk menolong sesama, waktu yang tepat untuk kita manfaatkan sebaik-baiknya :)

Yang kelima adalah Hidup sebelum mati, semua tahu pasti kita akan menghadapi kematian. Mari buat hidup kita bermanfaat dan tidak tersia-sia ! Sebelum kita benar-benar tak berdaya :)

Ayo kita renungkan bersama-sama apakah waktu yang telah berlalu sudah kita pergunakan sebaik-baiknya, jika belum Insya Allah masih ada waktu. Semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi.
Mari manfaatkan waktu sebaik-baiknya \(^^)/

0 komentar:

Posting Komentar