Sample text

Ads 468x60px

Social Icons

.

Senin, 24 Desember 2012

Pemuda Muslim adalah Pemuda yang Selalu Tersenyum

Pemuda muslim adalah pemuda yang selalu tersenyum. Selalu ceria dan tak pernah mengeluh. 
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Senyum berarti gerak tawa atau ekspresif yg tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka,. Sedangkan menurut Wikipedia Bahasa Indonesia,  senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Menurut Dr. Aidh al-Qarni dalam La Tahzan, term “senyum” itu sendiri adalah kata yang indah, menarik hati, menyenangkan dan menggembirakan. Setiap orang yang melihat seseorang sedang tersenyum akan merasa damai dan hati diliputi kesejukan. 

Senyum, sebuah aktivitas sederhana namun terkadang lupa kita lakukan. Padahal senyum itu sangat mudah, murah meriah, dan memiliki banyak manfaat. Selain itu, banyak yang mungkin belum tahu bahwa sebuah senyuman merupakan sedekah. Iya, sedekah. Sedekah yang murah meriah dan sangat mudah untuk dilakukan, tak perlu menggunakan rumus atau bantuan penggaris untuk melakukannya ^^.

Sebuah hadis berbunyi , “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah” (HR Tirmizi dan Abu Dzar). Hadits yang lain menegaskan, “Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah” (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Karenanya, Rasul mengingatkan umat Islam untuk tidak meremehkan kebajikan sedikit pun, termasuk senyuman. Beliau bersabda, “Jangan meremehkan sedikit pun dari amal kebaikan, meski hanya sekadar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (senyum)” (HR. Muslim).

Tersenyum aja mendapatkan pahala, asik banget :D. Nggak cuma itu aja, senyum  pun punya manfaat yang sangat banyak.  Mengutip dari mizan.com "Adapun dalam perspektif ilmu kesehatan, olahraga terbaik dan paling efektif untuk menyehatkan wajah adalah dengan tersenyum. Selain bisa mengurangi lemak pada wajah, tersenyum juga bisa mencegah munculnya kerutan pada wajah. Dan lagi, senyuman juga dapat memperlancar aliran darah di sekitar syaraf wajah. Orang yang selalu tersenyum akan terlihat memancarkan aura citra positif. Menggerakan satu kali bibir untuk tersenyum, maka ribuan urat saraf yang terdapat dalam seluruh tubuh mengalami pergerakan. Senyum membuat otot di wajah lebih kencang." .

Itu baru manfaat yang diterima oleh si pemberi senyum, lalu apakah manfaat yang diterima oleh penerima senyum. Ketika kita menerima senyuman yang tulus dari orang lain, tentu yang kita rasakan adalah tenteram, tenang, nyaman, dan bahagia. Itulah sebabnya senyuman adalah sebuah ibadah.

Orang Arab senang memuji orang yang murah senyum dan selalu tampak ceria. Menurut mereka, perangai yang demikian itu pertanda kelapangan dada, kedermawanan sifat, kemurahan hati, kewiawaan perangai, dan ketanggapan pikiran.


Lalu, sudah senyumkah kamu hari ini?

:)

0 komentar:

Posting Komentar